Apa Itu Trading Balance Dan Bagaimana Cara Melakukannya

,
Apa Itu Trading Balance Dan Bagaimana Cara Melakukannya

Apa itu Trading Balance? Secara singkat trading balance merupakan suatu teknik yang dilakukan dengan cara memanfaatkan fasilitas bonus yang diberikan oleh broker untuk memperoleh keuntungan. Yang dimaksud memanfaatkan disini adalah dengan mengakali perusahaan broker sehingga para trader juga harus siap menerima resiko jika ternyata dana milik trader akan dibekukan.

Teknik trading balance ini sering disebut juga sebagai arbitrase broker dengan menggunakan carry trader, yakni memanfaatkan bunga atau swap di teknik kegiatan trading dengan dua broker yang berbeda. Broker yang digunakan untuk melakukan teknik ini adalah satu broker yang memiliki kebijakan bebas swap dengan broker yang mempunyai bunga tinggi.

Sampai saat ini legalitas dari trading balance ini masih menjadi pertanyaan karena bisa menjadi kerugian untuk broker. Oleh sebab itu terkadang ada beberapa broker yang melarang nasabah mereka untuk menggunakan teknik trading balance dalam kegiatan transaksinya.

Jika terdapat nasabah atau klien yang terbukti menggunakan teknik ini, maka broker berhak untuk membekukan dana nasabah sehingga mereka tidak bisa mencairkan dana yang dimiliki. Dalam menerapkan cara ini, anda dilarang menggunakan 1 broker saja karena akan berkaitan dengan perjanjian di awal kontrak yang harus dipenuhi persyaratannya oleh kedua belah pihak.

Trading balance dilakukan dengan cara memakai komisi atau selisih swap dari perusahaan broker satu dengan lainnya. Para trader juga harus benar-benar memperhatikan kebijakan yang diterapkan oleh broker kerna apabila bonus yang ditawarkan oleh broker semakin tinggi, maka semakin riskan juga profesionalitas dari broker itu. Untuk anda yang ingin menerapkan teknik trading balance ini, maka anda harus benar-benar waspada terhadap resiko yang sudah disebutkan tadi yakni dana akan dibekukan oleh broker.

Hukum Trading Balance : Legal Atau Ilegal?

Setelah mengetahui apa itu trading balance, kini kita akan membahas tentang hukum melakukan trading balance. Dimana sampai sekarang ini status melakukan trading balance masih menjadi kontroversi.

Hal ini karena di sisi trader, mereka akan mendapatkan keuntungan dengan mudah dari aksi nya mengakali bonus yang diberikan broker. Padahal tujuan sebenarnya broker memberi bonus tersebut adalah untuk menjadi pinjaman modal darurat dan menopang saat akun trader mendapatkan kerugian. Broker juga tidak pernah menuntut pengembalian modal atau bonus tersebut apabila anda mengalami loss total atau MC. Jadi sebenarnya bukan masalah legalitas melakukan trading balance, namun lebih ke masalah etika. Trading balance tentu saja akan membuat broker kecewa kepada pelaku trading balance.

Cara Melakukan Trading Balance

Setelah anda mengetahui apa itu trading balance, langkah selanjutnya mungkin anda akan tertarik untuk mengetahui bagaimana sih cara melakukan trading balance. Sebelum lanjut ke langkah-langkahnya, untuk bisa melakukan ini tanpa menimbulkan kerugian, alias dengan aman. Paling tidak anda harus memilih 2 perusahaan broker forex yang benar-benar profesional.

Jangan lupa anda harus menggunakan 1 broker dengan fasilitas bebas swap, dan yang satu lagi mempunyai bunga. Jika sudah memiliki 2 broker tersebut, sekarang anda sudah siap untuk melakukan trading balance. Perlu diingat, tidak semua broker bisa menerima teknik trading balance.

Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah cara melakukan trading balance dengan mudah dan aman.

1.    Langkah pertama, silahkan anda tanamkan modal terlebih dahulu dengan jumlah modal yang sama-sama besar di masing-masing perusahaan broker.

2.    Dari valuta asing yang diperdagangkan, silahkan anda cermati swap rate di dalam software metatrader 4, yakni di kolom marketwatch di tabel mata uang yang berada di sebelah kiri.

3.    Selanjutnya silahkan anda klik kanan, kemudian pilih icon symbols kemudian anda pilih mata uang asingnya. Klik properties, para trader dianjurkan untuk mencari valuta asing yang mempunyai bunga positif yang besar di posisi buy atau long.

4.    Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan faktor spreadnya.

5.    Setelah memilih valuta asing, selanjutnya anda harus melakukan buy di broker yang mempunyai swap, kemudian sell di broker yang mempunyai bebas bunga dengan volume lot yang sama. Ingat selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi ini, jangan sampai anda melakukan perintah yang kebalik di kedua perusahaan broker tersebut.

6.    Selanjutnya anda hanya perlu menunggu open posisi yakni buy dan juga sell, sehingga anda akan mendapatkan bunga setelah melewati jam 4 dini hari.

7.    Jika bunga positif yang anda dapatkan, tentu saja sudah cukup menguntungkan. Maka seimbangkanlah posisinya.

8.    Kemudian anda hanya perlu menarik dan dan menyimpan profit.

9.    Untuk bisa menyeimbangkan posisi, silahkan anda lakukan sebagaimana langkah awal tadi.

Dengan menggunakan teknik trading balance, anda bisa mendapatkan keuntungan sampai 25% dari modal setiap minggunya. Keuntungan menggunakan teknik ini adalah mendapatkan pengembalian dana awal yang bagus dan stabil. Selain itu para trader juga bisa menanamkan dana dalam jumlah yang besar namun tetap aman, dan penerapannya pun juga cukup mudah.

Namun sekali lagi saya ingatkan, resiko yang terjadi dari anda melakukan teknik trading balance silahkan anda tanggung sendiri. Sebaiknya anda bisa mencoba teknik seperti ini di demo trading terlebih dahulu, jika anda sudah merasa menguasai bagaimana cara kerja dan paham bagaimana cara melakukan trading balance dengan aman, silahkan anda terjun ke pasar mata uang untuk bertransaksi di market real.

Nah itulah bagaimana cara melakukan trading balance, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang mungkin belum mengetahui apa itu trading balance.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar