Apa Yang Dimaksud Dengan Trading? Bagaimana Cara Memulai Trading?

  Apa Yang Dimaksud Dengan Trading? Bagaimana Cara Memulai Trading?
Dalam melakukan trading, tentu saja anda tidak bisa langsung mulai bermain trading. Ada beberapa tahap yang harus dilewati untuk bisa melakukan trading tersebut./ gambar : pixabay.com


Apa yang dimaksud dengan trading? Mungkin untuk sebagian orang istilah trading ini sudah bukan menjadi hal yang baru lagi, namun walaupun begitu terkadang masih ada beberapa orang yang belum mengetahui apa sebenarnya itu trading. Untuk itu pada postingan kali ini kita akan belajar bersama-sama dan membahas tuntas tentang apa itu trading.

Saat ini sendiri ada banyak generasi milenial yang mencoba keberuntungan di dunia trading, bahkan berdasarkan data dari BEI atau Bursa Efek Indonesia saat ini sendiri terdapat total investor yang rata-rata berasal dari generasi milenial.

Oleh sebab itu, tidak heran juga jika saat ini semakin banyak broker-broker baru yang bermunculan dengan memberikan edukasi serta sosialisasi terkait dunia trading terhadap generasi milenial dengan cara yang simple.

Bukan hanya cara yang simple saja, namun syarat-syarat untuk membuat akun trading ini juga semakin dipermudah, tidak ribet. Bahkan hanya dengan berbekal KTP dan SIM saja seseorang sudah bisa memiliki akun real trading.

Apa Yang Dimaksud Dengan Trading?

Sekarang ini terdapat banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pemasukan tambahan, salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas trading yang berpotensi memberikan keuntungan.

Trading sendiri merupakan aktivitas jual beli instrumen investasi dalam jangka waktu yang singkat. Dimana aktivitas trading ini juga menjadi aktivitas berdagang yang bisa memberi keuntungan besar dalam rentang waktu yang sebentar.

Karena untuk melakukan trading, seorang trader harus teliti dalam memilih instrumen investasi yang nantinya akan dibeli demi mendapatkan keuntungan tertentu.

Apa Keuntungan Melakukan Trading?

Banyak yang bilang jika kegiatan trading sangat menguntungkan. Trading juga sering dipandang menjadi salah satu cara alternatif untuk mendapatkan pundi-pundi kekayaan dalam waktu singkat. Tidak sedikit juga orang yang masih awam soal trading mulai tertarik untuk mendalami ilmu dan juga dunia trading.

Apapun instrumen dari trading, memang sangat menjanjikan keuntungan dan juga pundi-pundi uang. Memang anggapan demikian ini tidak salah, sebab tidak jarang juga ada yang kaya mendadak dalam waktu singkat dengan melakukan trading.

Namun tentu saja kekayaan mendadak yang didapatkan dalam waktu singkat tersebut harus dibarengi dengan pemahaman terhadap resiko tinggi yang terdapat di trading itu. Jadi trading bukan hanya dilihat dari sisi keuntungan saja, namun juga harus dibarengi dengan sisi resiko kerugian yang akan didapatkan.

Meskipun begitu, trading juga dipandang sangat cocok untuk seseorang yang memiliki modal terbatas. Namun kembali lagi ke masing-masing pribadi, apakah anda yang terjun ke dunia trading sudah paham betul seluk beluk dari trading atau belum.

Sebab ada banyak juga beberapa orang yang mengalami kerugian, bahkan kehabisan harta benda karena kesalahan dalam trading. Kesalahan tersebut misalnya seperti tergesa-gesa dalam membuat keputusan, tidak pintar mengatur modal dan keserakahan.

Cara Melakukan Trading Untuk Pemula

Dalam melakukan trading, tentu saja anda tidak bisa langsung mulai bermain trading. Ada beberapa tahap yang harus dilewati untuk bisa melakukan trading tersebut. Mulai dari pencarian platform broker, hingga melakukan transaksi.

Nah untuk anda yang mungkin masih awam dalam dunia trading dan ingin tahu bagaimana cara melakukan trading, tahap-tahap apa yang harus dilalui. Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan langkah-langkahnya.

1.     Mencari Broker Yang Terpercaya

Broker adalah perantara dari aktivitas jual beli atau trading yang anda lakukan. Tanpa keberadaan dari broker, anda tidak akan bisa melakukan trading. Saat ini sendiri ada banyak sekali broker yang ada di Indonesia, nah dari banyaknya broker tersebut anda tentu saja tidak bisa asal memilih.

Paling tidak anda harus memilih broker yang sudah memiliki izin dan terdaftar di BAPPEBTI, memiliki nilai deposit yang rendah, memiliki volume trading yang rendah misalnya seperti mikro atau mini.

2.     Mulai Dengan Akun Demo

Langkah selanjutnya setelah menemukan broker yang terpercaya, silahkan anda mulai dengan akun demo terlebih dahulu. Apa itu akun demo? Nah akun demo adalah akun "palsu" yang memiliki modal virtual. Jadi anda tidak perlu melakukan deposit terlebih dahulu untuk menggunakan akun demo.

Namun akun demo disini memiliki grafik dan pengoperasian yang sama ketika anda menggunakan akun real atau uang asli. Yang membedakan disini adalah walaupun anda kalah atau kehabisan modal, anda bisa melakukan pengisian ulang terhadap modal di akun demo melalui contact ke customer service.

Tenang, karena dalam pengisian ulang akun demo ini gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun. Namun jika anda berhasil mendapatkan profit atau kemenangan, tentu saja anda juga tidak bisa mencairkannya.

3.     Mulai Mendaftar Di Akun Real Dan Bertransaksi

Langkah terakhir jika anda merasa sudah cukup pintar dalam bermain di akun demo, kini saatnya anda mulai beralih ke akun real dan mulai melakukan transaksi trading.

Untuk mendaftar di akun real anda harus melakukan verifikasi KTP, SIM dan identitas lainnya serta anda akan menggunakan uang deposit asli, bukan uang virtual lagi.

Ingat, ketika anda melakukan transaksi di akun real tentu saja juga membutuhkan modal deposit uang asli. Untuk itu, anda harus melakukan deposit terlebih dahulu sebelum melakukan trading.

Jika modal atau deposit yang anda miliki ternyata habis dan loss, anda harus melakukan pengisian ulang atau deposit ulang dengan uang asli.

Nah itulah pembahasan mengenai apa yang dimaksud dengan trading dan bagaimana cara memulai trading.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar