Apa Itu Trading Saham? Pengertian, Keuntungan Dan Resikonya

, , ,
Apa Itu Trading Saham? Pengertian, Keuntungan Dan Resikonya
Tujuan utama dari diadakanya trading saham ini adalah untuk memperoleh profit yang lebih besar./ gambar : pixabay.com


Apa itu trading saham? Dalma dunia saham tentu saja terdapat banyak sekali istilah yang mungkin masih belum dipahami oleh para masyarakat awam. Sehingga, para pemain pemula yang ingin terjun berinvestasi atau trading saham tentu saja harus rajin-rajin belajar dan memahami secara lebih mendalam lagi.

Terlebih lagi salah satu istilah yang paling sering ditemui saat anda ingin terjun ke dunia saham adalah trading saham dan juga investasi saham. Lalu apa itu trading saham? Dan apa sih perbedaan dari trading saham dan juga investasi saham?

Pada dasarnya trading sendiri merupakan salah satu ekgiatan yang terjadi di pasar uang. Kegiatan ini sendiri lebih dari hanya sekedar jual beli barang maupun jasa, dimana tujuan utama dari diadakanya trading saham ini adalah untuk memperoleh profit yang lebih besar.

Lalu bagaimana sih cara melakukan trading saham? Nah pada postingan kali ini kita akan membahas secara tuntas tentang apa itu trading saham dan bagaimana cara melakukannya.

Apa Itu Saham? Perbedaan Trading Saham Dan Investasi Saham

Sebelum kita akan mulai masuk lebih dalam tentang apa itu trading saham, apakah anda sudah tahu apa itu saham terlebih dahulu? Saham sendiri merupakan bukti kepemilikan dari suatu perusahaan yang menjadi klaim terhadap penghasilan dan juga kekayaan perseroan.

Hal tersebut berarti saat anda memutuskan untuk membeli saham, maka secara otomatis anda juga menajdi bagian dari salah satu pemilik perusahaan dari saham yang anda beli tadi, anda secara otomatis juga akan memperoleh pembagian dari hasil perolehan yang didapatkan oleh perusahaan.

Apa Itu Trading Saham?

Trading saham adalah kegiatan membeli dan juga menjual saham yang memanfaatkan fluktuasi dari harga pasar setiap harinya. Jika di dalma investasi saham anda lebih bersikap pasif, maka dalam trading saham ini akan menjadi lebih aktif lagi.

Hal ini karena sebagai seorang trader saham, tentu saja anda akan memberikan waktu untuk menganalisa pasar dan juga memutuskan waktu serta harga terbaik dalam melakukan transaksi untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Dengan begitu, anda jadi bisa mendapatkan capital gain terbaik dari selisih harga yang sudah terjadi ketika anda membeli saham dan menjual saham.

Apa Itu Investasi Saham?

Investasi saham bisa diartikan sebagai aktivitas untuk menanamkan modal terhadap perusahaan yang sebelumnya sudah terdaftar di Bursa Efek INdonesia dan memperjual belikan saham yang anda miliki. Investasi sendiri merupakan kegiatan yang bersifat pasif, artinya anda yang berlaku sebagai investor tidak akan menjalankan secara langsung usaha atua kegiatan perusahaan tersebut.

Anda hanya bisa menginvestasikan sejumlah untuk kemudian dikelola sendiri oleh perusahaan tempat anda melakukan investasi. Sama halnya seperti anda berbisnis, selain bias memperoleh manfaat, melakukan investasi saham juga dapat memberikan manfaat untuk anda.

Anda jadi bisa mengelola keuangan, belajar mengambil keputusan. Karena sebelum menanamkan modal atau berinvestasi, tentu saja anda harus membuat analisis terkait pergerakan harga saham dan kemajuan suatu perusahaan terlebih dahulu.

Apa Bedanya Trading Saham Dan Investasi Saham?

Diatas kita sudah membahas tentang masing-masing pengertian dari trading saham dan juga investasi saham. Mungkin anda masih bingung dengan kedua istilah yang sudah kita bahas diatas, untuk itu berikut dibawah ini sudah saya tuliskan tentang perbedaan trading saham dan investasi saham agar anda bisa lebih jelas dalam memahami dua hal yang berbeda ini.

1.     Perbedaan Dari Prinsip

Perbedaan pertama kita bisa melihat dari prinsip. Dimana seorang investor saham akan cenderung memegang prinsip buy and hold saat melakukan transaksi. Hal ini karena biasannya seorang investor akan menanam modal atau membeli saham dalam rencana jangka panjang.

Sehingga investor saham tidak peduli dengna terjadinya kenaikan atau penurunan harga saham setoap harinya. Untuk jangka waktunya sendiri tidak menentu, tergantung masing-masing dari investor. Namun kebanyakan para investor akan menjual sahamnya saat tujuan dari investasi sudah terpenuhi.

Sementara untuk trader saham, mereka akan memegang prinsip buy and sell. Para trader akan membeli saham di harga tertentu, kemudian akan menjualnya dalam waktu yang bia dibilang pendek asalkan nilai saham sudah berada di dalam range harga yang diinginkan atau ditentukan sebelumnya oleh trader tersebut.

2.     Analisis Fundamental vs Analisis Teknikal

Selanjutnya perbedaan dari kedua kegiatan ini bisa dilihat dari analisis yang digunakan. Hal ini karena seorang investor saham cenderung akan menanamkan modalnya dalam jangka waktu panjang. Nah oleh sebab itu, analisis yang digunakan seorang investor adalah menggunakan analisis fundamental.

Sementara untuk seorang trader saham sendiri biasanya mereka akan lebih banyak menggunakan analisis teknikal. Dimana analisis ini bisa membantu para trader dalam melihat pergerakan saham dalam jangka waktu lebih pendek.

Hal ini karena trading sendiri akan lebih sensitif terhadap sentimen dari pasar dan juga kondisi pasar dibandingkan fundamental perusahaan. Oleh sebab itu, analisis yang dilakukan jauh lebih teliti terkait semua faktor resiko.

3.     Resiko

Terakhir, perbedaan dari trading saham dan investasi saham bisa dilihat dari resiko yang akan didapatkan. Jika melihat resiko, tentu saja melakukan trading saham memiliki resiko yang jauh lebih tinggi. Hal ini karena jangka waktu yang dilakukan lebih pendek, serta biasanya modal yang dikeluarkan lebih besar.

Trader saham kebanyakan juga akan memilih saham kelas tiga atau saham-saham yang baru datang di bursa saham. Hal ini karena harga saham di perusahaan tersebut lebih murah daripada saham blue chip.

Nah itulah informasi tentang apa itu trading saham dan perbedaanya dengan investasi saham. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar