Apa Itu Swing Trading Saham? Bagaimana Cara Melakukannya?

,
Apa Itu Swing Trading Saham? Bagaimana Cara Melakukannya?
Menjadi seorang swing trader tentu saja anda harus bisa mengidentifikasi tren pasar saham dan juga statistik saham dari sisi harga, volume di perdagangan./ gambar : pixabay.com

Jika anda menggeluti dunia trading saham, mungkin anda pernah mendengar istilah swing trading saham. Nah lalu sebenarnya apa itu swing trading saham? Swing trading saham adalah istilah yang sangat terkenal di dalam dunia trading saham, bahkan mungkin tanpa anda sadari, sebenarnya anda sudah pernah melakukan atau mungkin sering menggunakan teknik swing trading saham ini.

Memang investasi saham ini terkenal sangat njelimet, mulai dari banyaknya istilah yang harus anda pahami saat ingin terjun ke dunia investasi saham seperti istilah swing trading tadi yang terkenal menjadi strategi jual beli saham yang bisa memberikan cuan atau keuntungan besar dalam waktu singkat.

Apa Itu Swing Trading Saham?

Lalu sebenarnya apa itu swing trading saham? Nah swing trading sendiri merupakan strategi jual beli saham untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat, bahkan dalam hitungan hari atau minggu. Pelaku dari pengguna strategi ini sering disebut dengan nama swing trader.

Kebanyakan senjata utama dan menjadi andalan dari para swing trader adalah menggunakan analisis teknikal ketika menentukan jual atau beli saham. Namun tentu saja juga tidak bisa mengabaikan trend, pola harga dan faktor-faktor lainnya yang bisa mempengaruhi harga saham di market.

Jadi penggunaan dari swing trading saham adalah dimana aset yang ingin dijual belikan akan ditahan atau hold selama beberapa hari untuk kemudian dijual saat harga sedang mencapai di nilai tertinggi.

Apa Tujuan Penggunaan Strategi Swing Trading Saham?

Lalu apa tujuan dari penggunaan strategi swing trading saham ini? Strateginya tentu saja bertujuan untuk mengumpulkan capital gain sebesar-besarnya dalam waktu yang sangat singkat. Berbeda dengan daily trader yang biasa nya melakukan aktivitas jual beli saham di hari yang sama.


Swing trader cenderung akan memilih untuk menahan sahamnya selama beberapa minggu atau hari hingga menemukan momentum yang tepat untuk bisa mendapatkan capital gain yang besar pula.

Metode Analisa Untuk Melakukan Swing Trading?

Untuk bisa melakukan swing trading, tentu saja dibutuhkan analisis yang kuat dari trader dalam memahami suatu prospek saham perusahaan dan juga laju perkembangan tren di market atau pasar saham.

Metode analisis yang paling banyak digunakan adalah metode teknikal yang dibantu dengan analisis fundamental. Namun para swing trader akan lebih mengutamakan metode teknikal dalam praktiknya.

Strategi Untuk Melakukan Swing Trading Saham

Strategis wing trading biasanya dilakukan dengan cara mengambil posisi hold dalam jangka waktu tertentu hingga menemukan momen yang tepat, bisa dalam jangka waktu mingguan, bulanan. Hal ini untuk melihat perkembangan saham dan juga menentukan waktu yang paling tepat untuk melakukan transaksi jual beli saham tersebut.

Menjadi seorang swing trader tentu saja anda harus bisa mengidentifikasi tren pasar saham dan juga statistik saham dari sisi harga, volume di perdagangan. Dalam jangka waktu yang pendek mungkin margin dari swing trading memang akan terlihat kecil, mungkin hanya akan terlihat perubahan 5% hingga 10% saja dalam setiap minggu.

Namun apabila anda akumulasikan, hasilnya tentu saja bisa dikatakan lumayan besar. Hal itulah yang menjadi fokus utama dari seorang swing trader. Yakni menemukan momen yang tepat untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

2 Teknik Penting Untuk Melakukan Swing Trading

Seperti metode investasi lainnya, swing trading saham juga tidak bisa terlepas dari yang namanya resiko. Tentu saja anda harus selalu ingat prinsip investasi yakni high risk dan juga high return, semakin tinggi keuntungan yang dikejar, tentu saja semakin tinggi pula resiko yang harus dihadapi nantinya.

Nah disitulah pentingnya untuk melakukan manajemen resiko sebaik mungkin, sehingga nantinya anda bisa mempersiapkan diri ketika ternyata mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan harapan yang anda inginkan. Terdapat 2 teknik yang biasa dilakukan oleh para swing trader.  Berikut adalah 2 teknik penting melakukan swing trading.

1.     Teknik Entry

Yang pertama adalah teknik Entry dimana ini menjadi strategi investasi saham saat anda memasuki pasar dan melakukan pembelian saham dengan cara mengikuti tren. Apa itu tren? Tren sendiri merupakan arah kecenderungan pergerakan harga saham di dalam periode waktu tertentu. Bisanya dibagi menjadi uptrend, downtrend dan sideways atau mendatar.

Dengan membaca tren sebaik mungkin, anda bisa menentukan kapan sih waktu yang paling tepat untuk memberikan potensi risk atau reward yang lebih baik, termasuk juga penempatan exit atau SL.

Metode entry yang efisien dan terukur bisa menentukan keberhasilan anda dalam melakukan trading jangka panjang. Salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan teknik entry adalah dengan membuat checklist entry. Dimana kriteria-kriteria seperti level-level support hingga resistance yang dianggap sangat penting.

2.     Teknik Exit

Selanjutnya ada Teknik Exit yang merupakan strategi kapan waktu yang paling tepat untuk keluar dari pasar. Teknik exit ini sangat penting untuk membantu anda dalam mendapatkan manfaat saham di posisi yang terbaik.

Teknik Exit juga digunakan saat anda sudah mencapai nilai yang anda inginkan atau nilai saham yang sudah menyentuh nilai limit terendah.

Teknik exit bisa membantu anda supaya tidak terlena dengan kenaikan harga saham yang bisa melonjak namun sangat beresiko, dengan memahami teknik exit anda juga tidak harus menanggung kerugian yang cukup besar ketika harga mengalami penurunan yang sangat signifikan.

Nah itulah pembahasan mengenai apa itu swing trading saham dan bagaimana cara melakukannya, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar