Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Option Trading? Apakah Termasuk Judi?


Belakangan ini Option Trading sedang populer di Indonesia, dengan menciptakan banyak sekali orang kaya di tahun-tahun belakangan ini. Kita juga sering mendengar banyak orang yang menjadi jutawan karena bermain Option Trading. Namun sebenarnya apa itu Option Trading?

Selain kabar mengenai kemudahan untuk mendapatkan uang dari Option trading, banyak juga kabar-kabar terkait orang yang jatuh miskin dengan cepat dari Option Trading. Jadi sebenarnya apa itu Option trading? Dan apakah option trading itu sama seperti Judi?

Apa Itu Option Trading?

Option jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti opsi atau pilihan merupakan instrumen keuangan yang menjadi derivatif yang diambil dari suatu nilai sekuritas yang mendasarinya. COntoh dari sekuritas yang bagus ialah saham.

Kontrak opsi menawarkan kesempatan khusus untuk pembeli, dimana mereka dapat membeli hingga menjual tergantung di jenis kontrak yang sedang mereka pegang terhadap aset yang mendasarinya.

Futures sendiri mewajibkan pembeli untuk membeli aset maupun menjualnya dan memiliki tanggal dan harga tertentu di masa depan. Dalam kasus ini, tidak ada persyaratan khusus untuk pemegang untuk membeli maupun menjual aset apabila mereka memutuskan untuk tidak melakukannya.

Setidaknya terdapat dua jenis option trading, berikut adalah diantaranya :

·         Option Call : Pemegang bisa membeli aset di harga yang sudah ditentukan dalam jangka waktu tertentu.

·         Option Sell : Pemegang bisa menjual aset di harga yang sebelumnya sudah ditentukan dalam jangka waktu tertentu.

Setiap kontrak opsi memiliki tanggal kadaluarsa spesifik, yang dengan tanggal kadaluarsa tersebut pemegang kontrak harus menggunakan option nya.

Harga yang sudah ditetapkan di suatu option disebut dengan harga kesepakatan. Option pembelian dan penjualan biasa nya dilakukan melalui broker online maupun ritel.

Kenapa Option Trading Mahal?

Dalam menentukan harga opsi, hal tersebut dilakukan oleh pasar. Terlebih lagi, pasar akan mengambil informasinya dari faktor-faktor nilai ekstrinsik hingga intrinsik. NIlai intrinsik ini adalah seperti perbedaan utama antara harga spot aset dengan harga kesepakatan. Namun ini cuma mengacu terhadap nilai positif untuk pemegang opsi.

Sebuah opsi yang belum tentu menguntungkan untuk pembeli disebut opsi yang tidak mempunyai nilai intrinsik. Dalam pengertian ini, hanya nilai ekstrinsik yang dimilikinya seperti nilai waktu yang bisa mempengaruhi volatilitas dan harga.

Memang terdapat berbagai macam faktor dan juga model penilaian yang bisa membantu nilai-nilai dari berbagai macam opsi. Namun beberapa hal dasar sebenarnya sangat mudah, dimana saat suatu opsi merupakan dalam kategori "in-the-money", hal tersebut berarti pemegang opsi akan menerima manfaat dari penggunaan opsi mereka.

Selain itu, saat opsi termasuk dalam kategori "in-the-money", hal tersebut berarti bahwa opsi tersebut mempunyai nilai intrinsik. Opsi ini secara komparatif jauh lebih mudah untuk diberikan nilai karena memiliki nilai intrinsik yang dijadikan sebagai patokan. Nilai ekstrinsik sendiri menjadi fungsi dari risiko terkait nilai waktu dan juga volatilitasnya.

Selain itu, berbagai bursa di luar negeri juga menawarkan option binary. Dimana pedagang akan bertaruh terhadap skenario atau tebakan apakah ya atau tidak, apakah naik atau turun. Misalnya, apakah dalam rentang waktu tertentu harga Bitcoin akan mengalami kenaikan, atau justru mengalami penurunan.

Resiko Besar Option Trading Cryptocurrency

Option Cryptocurrency bisa memberi peluang untuk investasi yang sangat baik. Namun selain itu, bagaimanapun juga option ini juga mempunyai sederet kekurangan dan juga resiko. Hal ini berpotensi untuk membuat mereka tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh para investor, terutama terjadi ketika menggunakan option untuk tujuan spekulatif.

Selain itu, apabila tujuan anda bukan menggunakan option trading cryptocurrency untuk mengurangi maupun menghilangkan resiko di posisi lain. Nah berikut dibawah ini adalah beberapa resiko besar yang harus diperhatikan ketika anda melakukan option cryptocurrency.

Mempertaruhkan Semua Modal Secara Signifikan

Berbeda dengan aset lain, sebagian besar option cryptocurrency tidak menawarkan cara untuk mengurangi kerugian anda lebih awal. Apalagi jika option cryptocurrency anda sudah kedaluwarsa, anda bisa kehilangan semua modal investasi awal. Artinya jika anda membeli kontrak dalam jumlah besar, kerugian yang anda alami juga bisa lebih besar.

Harus Membayar Biaya Pembelian Di Bursa

Untuk beberapa platform  bursa, anda akan dikenakan biaya per kontrak ketika membeli option. Dimana biaya ini biasa nya adalah sebagian kecil dari nilai aset yang menjadi dasarnya.

Likuiditas Yang Terbatas

Ruang option bitcoin sangat kecil dan hanya mempunyai beberapa platform pertukaran terkemuka saja, oleh sebab itu cenderung terdapat masalah likuiditas. Berbeda dengan pertukaran perdagangan spot standar, pertukaran option cryptocurrency sering mengalami volume perdagangan harian yang rendah dan juga likuiditas yang sangat buruk.

Bagaimana Penetapan Harga Di Option Trading?

Terakhir, setelah anda mengetahui apa itu Option Trading. Lalu bagaimana sih penetapan harga di Option Trading? Harga dari suatu option disebut dengan nama Premium. Pembeli option tidak dapat kehilangan lebih dari premi awal, jadi resiko untuk pembeli tidak pernah melebihi apa yang dibayarkan di awal untuk option.

Sebagai imbalan terhadap premi yang diterima dari pembeli, penjual option akan menanggung resiko keharusan menyerahkan apabila pembeli memilih call option, atau juga bisa menerima penyerahan jika dalam put option.

Nah itulah pembahasan mengenai apa itu option trading, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang mungkin masih bingung dan ingin belajar lebih dalam mengenal option trading.

 

Posting Komentar untuk "Apa Itu Option Trading? Apakah Termasuk Judi?"