Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Binary Options Trading? Kelebihan Dan Kekurangan Binary Options Trading

 Binary Option adalah salah satu bentuk instrumen finansial, dimana para trader akan berusaha untuk menebak harga dari suatu aset bersamaan dengan fluktuasi harga di jangka waktu yang sudah ditentukan sebelumnya./ gambar : pixabay.com


Binomo, Olymptrade dan aplikasi sejenis lainnya merupakan aplikasi trading Binary Option. Sebenarnya apa itu Binary Options Trading? Walaupun tidak terlepas dari pro dan kontra yang mengitari binary options, namun sampai saat ini Binary Options trading masih dianggap sebagai salah satu ajang trading dan juga investasi dari para trader di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri bahkan beberapa Binary Option sudah banyak merambah ke pasar potensial dalam negeri, hal ini karena jumlah peminat dari Binary Option yang semakin lama semakin bertambah seiring dengan maraknya promosi yang dilakukan oleh broker Binary Options di Indonesia.

Apa Itu Binary Option?

Binary Option atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama opsi binari adalah salah satu bentuk instrumen finansial, dimana para trader akan berusaha untuk menebak harga dari suatu aset bersamaan dengan fluktuasi harga di jangka waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Jangka waktu tersebut bisa 15 detik, 1 menit hingga 1 hari. Bisa dibilang Binary Options trading ini menjadi bentuk investasi online yang paling simple, kegiatan trading ini bisa dilakukan oleh siapa saja tidak peduli latar belakang pendidikan ekonomi maupun bisnis.

Nah di dunia digital ini, walaupun aset yang digunakan untuk trading biasa nya akan sama seperti pasar saham konvensional, namun di binary option ini sebenarnya para trader tidak menjual atau membeli saham sesuai dengan praktek trading yang biasanya berlaku.

Namun dalam melakukan trading binary options, pelaku trading akan memberikan analisa dalam perspektif penilaian terkait aset itu sendiri. Oleh sebab itu, kenapa aktivitas ini disebut dengan nama Binary, karena akan tergantung dari 2 kemungkinan saja yakni harga turun atau harga naik. berbeda dengan kegiatan trading saham pada umumnya.

Artinya, jika prediksi atau perkiraan yang anda buat tepat maka anda akan mendapatkan keuntungan yang berbeda-beda, misalnya seperti 70% atau 90% dari modal. Namun jika ternyata prediksi anda salah, maka anda akan mengalami kerugian (loss) 100% dari modal yang anda keluarkan.

Memang kelihatannya ini seperti perjudian, karena mengandung resiko yang berasal dari prediksi. Tapi banyak juga yang berasumsi jika Binary Option adalah suatu yang legal karena menggunakan strategi dan berbeda dengan judi.

Bagaimana Cara Kerja Binary Options?

Setelah anda memahami apa itu Binary Options Trading, lalu bagaimana sih cara kerja dari Binary Options trading ini? Sama seperti jual beli saham, trading di aktivitas Binary Options tidak menggunakan benda yang nyata atau real sebagai aset yang diperjualbelikan.

Misalnya adalah jika anda atau broker yang anda pilih memutuskan untuk menukar indeks dari suatu perusahaan dengan nilai trading $10 dollar.

Setelah anda melakukan analisa dengan menggunakan alat-alat analisa, grafik dan lain-lain.  Kemudian anda memiliki kesimpulan jika harganya akan naik dalam hitungan jam. Nah dalam kurun waktu 1 jam yang sudah anda tentukan tersebut, ternyata prediksi anda berdasarkan bantuan alat-alat indikator tersebut benar, maka anda akan mendapatkan keuntungan 90% dari modal $10 dollar yang anda taruhkan.

Namun jika sebaliknya ternyata dalam kurun waktu 1 jam yang sudah anda tentukan tersebut, harganya mengalami penurunan anda akan kehilangan $10 dollar tersebut.

Kelebihan Dan Kekurangan Binary Options Trading

Nah selanjutnya, apa sih kelebihan dan kekurangan Binary Options trading? Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan informasinya secara lengkap.

Kelebihan Binary Options Trading

Kelebihan pertama dari binary options trading adalah balik modal kilat, ini juga menjadi alasan kenapa Binary Options menjadi sangat terkenal karena menawarkan kemenangan yang cepat.

Di kebanyakan permasalahan, ketika anda menang trading Binary Options saat anda menang anda tidak akan mendapatkan full 100% dari modal yang anda pertaruhkan.

Balik modal kilat seperti ini memang jarang ditemukan di produk lainnya, namun jika di trading Binary Options ini menjadi hal yang biasa.

Sistem balik modal yang seperti ini membuat Binary Options sangat cocok untuk anda yang merupakan pendatang baru karena kemudahan dalam melakukan aktivitas trading, yakni hanya perlu memikirkan naik atau turun untuk mendapatkan balik modal yang cepat.

Kekurangan Binary Options

Regulasi menjadi kekurangan dari Binary Options yang membuat reputasinya menurun. Padahal kenyataanya permasalahan ini berada di broker binary options itu sendiri yang merupakan penyedia produk trading. Ada banyak broker Binary yang tidak memiliki regulasi, sehingga jika anda tidak benar-benar bisa memilih broker yang tepat, jangan kaget jika suatu saat uang yang anda miliki di akun Broker tersebut lenyap begitu saja.

Selain itu sistem fee atau upah terhadap broker yang cukup besar juga menjadi masalah yang cukup serius dari trading Binary Options. Bagaimana tidak? Misalnya anda memasang modal $10 dollar, jika anda benar dalam menebak, anda hanya akan mendapatkan kemenangan sebesar $8 dollar.

Lalu kemana yang $2 dollar? Tentu saja yang $2 dollar masuk ke pihak broker sebagai fee jasa dari broker tersebut. Sebaliknya, jika anda kalah maka anda akan kehilangan full 100% dari $10 dollar modal yang anda pasang dalam aktivitas trading.

Dengan sistem yang tidak adil ini membuat tidak sedikit orang yang merasa dicurangi oleh sistem yang dibuat pihak broker.

Nah itulah pembahasan mengenai apa itu binary Options trading dan apa saja kelebihan maupun kekurangannya.

 

Posting Komentar untuk "Apa Itu Binary Options Trading? Kelebihan Dan Kekurangan Binary Options Trading"